11 Manfaat Lampu LED, Lebih Ramah Lingkungan

11 Manfaat Lampu LED, Lebih Ramah Lingkungan?

Manfaat lampu LED dapat dirasakan oleh para penggunanya, tidak hanya hemat energi namun lampu ini juga dianggap lebih ramah terhadap lingkungan. Seperti yang diketahui, di zaman modern seperti sekarang kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan terhadap lingkungan. Semakin mendesaknya kebutuhan akan solusi berkelanjutan menjadikan beragam inovasi muncul, salah satunya lampu LED.

Ternyata lampu LED ini terbilang memiliki manfaat yang lebih baik untuk lingkungan dibandingkan lampu biasanya. Sehubungan dengan hal tersebut, di pembahasan ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat lampu LED, mari kita simak bersama.

Apa Saja Manfaat Lampu LED?

Berbagai manfaat dari lampu LED bisa kita simak di bawah ini:

1. Efisiensi Energi

Manfaat lampu LED yang pertama yaitu efisiensi energi, karena telah terbukti bahwa lampu ini lebih efisien dalam penggunaan energi. Lampu tersebut bisa menghasilkan cahaya yang setara dengan lampu konvensional seperti bohlam, namun energi yang digunakan oleh lampu LED lebih sedikit.

Dengan penggunaan lampu LED ini maka kita turut serta menjaga lingkungan karena lampu tersebut mengurangi penggunaan energi rumah tangga, turut serta dalam upaya menghemat sumber daya alam, dan mengurangi jejak karbon.

2. Tahan Lama

Bagaimana dengan ketahanan dari lampu LED? Ketahanan lampu memang harus diperhitungkan agar kita tidak sering-sering mengganti lampu sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran. Beruntungnya lampu LED dikenal dengan daya tahan yang begitu awet jika dibandingkan dengan bohlam.

Bahkan jika dibandingkan dengan lampu bohlam, daya tahan lampu LED bisa sampai puluhan ribu jam. Dengan demikian anda tidak perlu sering-sering mengganti lampu dan mengurangi limbah elektronik.

3. Memakai Bahan yang Tidak Beracun

Bahan yang digunakan untuk membuat lampu LED tidak beracun karena tanpa merkuri, namun memakai bahan yang lebih ramah terhadap lingkungan. Ini berarti pada saat lampu LED mencapai batas usianya maka proses daur ulang pun lebih aman untuk lingkungan kita. Risiko pencemaran tanah dan air akan menurun karena tidak memakai bahan beracun.

4. Tidak Memancarkan Radiasi Ultraviolet

Manfaat lampu LED yang ke empat yaitu tidak memancarkan radiasi ultraviolet (UV). Ini yang menjadikan lampu LED berbeda dengan lampu lainnya, radiasi sinar UV sangat berbahaya dan memberikan dampak negatif untuk kesehatan kita serta meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti penyakit kulit dan katarak.

Radiasi sinar UV bisa merugikan lingkungan karena dapat mempengaruhi ekosistem tanah dan air, mengancam kelangsungan hidup organisme yang tinggal di dalamnya, dan mengubah keseimbangan alam. Dengan pemakaian lampu LED maka kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan aman tanpa adanya rasa khawatir karena efek buruk dari radiasi ultraviolet.

5. Emisi Panas Lebih Rendah

Panas yang dihasilkan oleh lampu LED lebih sedikit dibandingkan lampu konvensional lain. Hal ini membuatnya aman digunakan dan mengurangi kebutuhan akan penggunaan pendingin udara seperti AC baik itu di rumah maupun di kantor. Dengan penggunaan pendingin udara yang lebih sedikit maka akan mengurangi jejak karbon serta energi jadi lebih hemat.

6. Pemakaian Energi Produksi yang Lebih Rendah

Untuk efisiensi lampu LED sebenarnya tidak hanya terbatas di penggunaan rumah tangga saja, karena ini merupakan lampu yang penggunaan energinya lebih sedikit maka kalau digunakan secara massal akan sangat membantu mengurangi kebutuhan energi pada tingkat produksi. Dengan demikian mengurangi emisi karbon dari pembangkit listrik.

7. Tidak Berisik

Manfaat lampu LED yang selanjutnya yaitu tidak berisik, jadi berbeda dengan lampu tradisional yang dulu banyak digunakan yang menghasilkan suara mengganggu. Lampu LED dapat bekerja dengan baik tanpa adanya suara mengganggu, lingkungan lebih nyaman dan tenang.

Lampu LED juga tidak mempunyai komponen mekanis yang bergerak, ini membuatnya lebih berumur panjang dan mengurangi risiko rusak.

8. Manfaat Bagi Tanaman

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa manfaat lampu LED lainnya adalah baik untuk tanaman. Lampu ini mempunyai spektrum cahaya yang bisa disesuaikan agar mendukung pertumbuhan tanaman dalam ruangan (tanaman indoor). Ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi pengguna yang memang senang memiliki tanaman indoor untuk solusi ramah lingkungan, tidak perlu mengandalkan cahaya matahari berlebihan untuk tanaman tersebut.

Cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED diperlukan dalam proses fotosintesis. Ini merupakan proses tanaman mengubah energi cahaya menjadi kimia. Penggunaan energi yang lebih rendah dan mengurangi biaya energi dengan memakai lampu tersebut.

9. Dapat Didaur Ulang

Lampu LED mempunyai umur yang lebih panjang dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional. Pada saat lampu LED ada di batas akhir umurnya, maka sebagian besar komponen dari lampu ini bisa didaur ulang karena tidak menggunakan bahan berbahaya. Hal tersebut pastinya sangat berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan dan sumber daya.

10. Turut Serta Menciptakan Lingkungan yang Bebas Serangga

Lampu tradisional ternyata menghasilkan cahaya yang seringkali menarik perhatian serangga. Lingkungan yang kurang menarik untuk serangga bisa anda ciptakan dengan menggunakan lampu LED. Lampu ini memberikan ketenangan visual dan mengurangi ketergantungan pemakaian pestisida untuk mengusir serangga, pestisida sendiri berbahaya untuk lingkungan.

11. Efek yang Baik untuk Fungsi Otak

Dan manfaat lampu LED yang terakhir yaitu baik untuk otak. Karena sebagian besar bola lampu tersebut tidak memancarkan gelombang biru yang memberikan dampak buruk untuk produktivitas serta fungsi otak. Lampu LED memberikan sinar yang terfokus dan pancaran lebih sedikit cahaya yang tidak diperlukan sehingga lampu ini cocok digunakan untuk gedung maupun rumah tinggal.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa lampu LED mempunyai manfaat yang beragam dan begitu baik untuk lingkungan dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional pada umumnya. Umur lampu pun lebih lama sehingga menghemat pengeluaran anda.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *